Jakarta, CNBC Indonesia – Kalimantan Selatan akan melaksanakan analog switch off (ASO) pada Senin besok (20/3/2023). Masyarakat diimbau untuk segera menyiapkan set-top-box (STB) bagi TV yang masih analog.

Sebagai informasi, STB adalah perangkat untuk menangkap siaran televisi digital pada TV yang masih mendukung siaran analog. Untuk penggunaannya, tinggal memasangkan STB pada TV analog.

“Jauh-jauh hari sudah menyiapkan agar TVnya yang masih analog untuk dilengkapi dengan STB supaya tidak terjadi antrian pembelian STB pada saat siaran analog di hentikan di lokasi-lokasi tersebut,” jelas Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia kepada CNBC IndonesiaMinggu (19/3/2023).

Untuk penjualan STB, Gery menjelaskan telah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Perdagangan dan Gabel (Gabungan Pengusaha Elektronik).




Siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) dilarang dan dipindahkan ke siaran digital pada 2 November 2022 di wilayah Jabodetabek.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) dilarang dan dipindahkan ke siaran digital pada 2 November 2022 di wilayah Jabodetabek. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

“Kesiapan penjualan STB bagi masyarakat yang membeli mandiri telah dikoordinasikan dengan Kemendag dan asosiasi Gabel, agar suplai STB terjaga dalam harga yang stabil. Informasi dari saham Gabel STB melimpah dengan harga normal,” ungkapnya.

Sementara untuk rakyat miskin, pemerintah bersama lembaga penyiaran menyiapkan STB secara gratis. Per tanggal 20 Maret, didistribusi STB di Kalimantan Selatan-1 sekitar 95%.

Siaran TV analog di Kalimantan Selatan dimatikan pada pukul 24.00 waktu setempat. Gery menjelaskan jadwal tersebut berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait yakni pemerintah daerah, lembaga penyiaran, dan pemangku kepentingan, termasuk capaian distribusi set-top-box untuk masyarakat miskin.

“Berdasarkan koordinasi dengan Pemda, Lembaga Penyiaran dan pemangku kepentingan serta berdasarkan capaian distribusi STB untuk keluarga miskin tanggal 18 Maret 2023 telah disepakati untuk memprioritaskan analog switch off (ASO) pada 20 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat di wilayah Kalimantan Selatan 1 (Kota Banjarmasin dan 4 Kabupaten/Kota sekitarnya),” kata Gery.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Nonton TV Digital Bisa Tanpa STB, Simak dan Ikuti Caranya

(npb/wur)


.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *