Jakarta: Negara-negara di Eropa jadi incaran pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi. Sebab, sistem pendidikan di Eropa bagus dan memiliki banyak perguruan tinggi kelas dunia.

Negara seperti Belgia mungkin belum banyak melirik. Tetapi, Belgia semakin mendapat perhatian lebih dari mahasiswa asing sebagai destinasi studi lho.

Ini karena lokasi strategis Belgia, program perluasan dengan pengantar Bahasa Inggris di berbagai universitas, biaya pendidikan dan hidup yang terjangkau, dan tentunya universitas bergengsi.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Nah buat Sobat Medcom yang mau kuliah di Eropa, bisa nih mempertimbangkan Belgia sebagai negera tujuan. Yuk berkenalan lebih jauh dengan sistem pendidikan, kampus, hingga beasiswa yang ditawarkan di Belgia dikutip dari laman Instagram @ehef.id:

Belgia berada di titik tengah negara-negara maju, seperti Belanda, Prancis, dan Jerman. Sehingga Belgia memiliki keuntungan dalam mendapatkan akses ke pusat pasar dagang di Uni Eropa.

Ibu kota Belgia adalah Brussel. Penduduknya menggunakan dua bahasa umum, yaitu Belanda dan Prancis. Kota-kota di Belgia multi-kultural sehingga akan memberikan pengalaman unik dari kota di Eropa lainnya.

Kalian juga jangan khawatir soal bahasa, karena banyak warga di kota ini yang bisa berbahasa Inggris.

Sistem pendidikan

Sementara itu, terkait sistem pendidikannya, di Belgia terdapat dua tipe perguruan tinggi untuk gelar S1 yang memiliki keunggulan masing-masing.

Pertama, pendidikan universitas akademik (universitas) dan kedua pendidikan berorientasi profesi (perguruan tinggi universitas) yang ditawarkan di perguruan tinggi ilmu dan seni terapan. Durasi pendidikan untuk gelar S1 adalah 3-4 tahun dan gelar S2 adalah 1-3 tahun.

Biaya hidup

Biaya hidup setiap orang berbeda-beda tergantung dari pendapatan dan gaya hidup. Namun, rata-rata biaya hidup di Belgia per bulan sekitar €1.565 untuk satu orang yang tinggal di apartemen 1 kamar tidur di pusat kota.

Kamu bisa mengiritasi apabila tinggal bersama orang lain atau mempunyai teman sekamar. Rata-rata biaya hidup di Belgia lebih rendah dari negara-negara tetangganya yaitu Belanda dan Jerman.

Sebagai mahasiswa, kamu juga bisa bekerja paruh waktu lho. Kamu juga bisa mendapatkan diskon asuransi kesehatan, transportasi umum, dan beasiswa untuk mengurangi biaya.

Kampus

Terdapat empat universitas di Belgia yang masuk daftar 300 universitas teratas dari Times Higher Education 2023. Kampus ketiga itu yakni KU Leuven (42), University of Gent (107), UCLouvain (170), dan University of Antwerp (131).

Biaya kuliah di Belgia untuk mahasiswa asing (non-UE) bervariasi di setiap universitas dan regionalnya. Secara garis besar, biaya kuliah di Belgia berkisar €1.000- €8.000 tergantung program.

Beasiswa

Kamu yang ingin kuliah di Belgia namun kesulitan biaya tak perlu khawatir. Pasalnya, ada sejumlah beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ditawarkan, seperti:

  1. Beasiswa Mater Mind (untuk jenjang S2)
  2. Beasiswa VLIR-UOS (untuk jenjang S2)
  3. Beasiswa ARES (untuk jenjang S1 & S2).

Kalian yang ingin mendaftar perhatikan waktu aplikasi beasiswa karena biasanya pendaftaran ditutup lebih awal daripada aplikasi untuk program studi di universitas.

Cek juga website universitas yang kamu tuju untuk memastikan ada peluang yang ditawarkan untuk siswa dari Indonesia. Beberapa universitas bahkan menawarkan tambahan tunjangan hidup dan lainnya.

Apakah kalian tertarik melanjutkan studi di Belgia?

(REN)

.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *