Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu merupakan salah satu tempat wisata religi bagi umat Katholik di Wonogiri, selalu dikunjungi untuk mereka yang hendak beribadah maupun wisata di tengah pemandangan yang sejuk.

Selain Gua Maria Sendang Kelayu yang berada di Ngadirejo, Wonogiri juga memiliki tempat wisata religi yang serupa yakni Gua Maria Sendang Ratu Kenya yang berada di Desa Patirejo, Giriwoyo.

Beribadah diantara alam yang sejuk serta pepohonan yang rindang, merupakan daya tarik utama dari Gua Maria Wonogiri.

gua maria fatimah
gua maria fatimah. peta google. sumber: Robertus Maryanto

simak juga: air terjun girimanik

Selain memiliki keindahan alam yang asri, Gua Maria Fatimah ini juga memiliki kisah sejarah tersendiri. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa tempat bersejarah di sekitar gua.

Berikut ulasan atau gambaran dari Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu sebagai bahan referensi wisata untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata religi dan bersejarah di sekitar Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi Gua Maria Sendang Kelayu Wonogiri

Lokasi Gua Maria Sendang Kelayu beralamat di Dusun Jlegong, Desa Gemawang, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Rute menuju Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu dari pusat kota Wonogiri ialah dengan menuju Jl. Perwakilan kemudian ambil jalur ke arah Jl. Diponegoro hingga akhirnya tiba di Jalan Raya Wonogiri – Ponorogo.

Setelahnya belok kanan ke Jl. Raya Ngadirejo, lalu teruskan perjalanan hingga tiba di Jl. Wonogiri – Pacitan. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Gua Maria Fatimah itu sendiri. Akses memang tak begitu besar, namun masih bisa dilalui oleh mobil.

piazza salib
piazza salib. peta google. sumber: Moh Umar

simak juga: kahyangan dlepih

Harga Tiket Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu

Tiket masuk Gua Maria Wonogiri tidak dipungut biaya apapun alias gratis, kamu hanya perlu membayar retribusi parkir saja yakni:

  • Untuk kendaraan roda dua sebesar Rp.2.000,-
  • Untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 4.000,-

Jam Buka Gua Maria Sendang Kelayu

  • Jam buka Gua Maria Wonogiri setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasi selama 24 jam nonstop

Fasilitas Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Gua Maria Wonogiri diantaranya :

  • Toilet,
  • Area parkir kendaraan,
  • Piazza Salib atau Salib Yesus,
  • Air suci,
  • Tempat beribadah yang nyaman.
kapel rosario
kapel rosario. peta google. sumber: Robertus Maryanto

Daya Tarik Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu

1. Wisata Religi Umat Katholik

Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu merupakan tempat wisata religi bagi umat Katholik yang recommended banget, kamu akan menemukan beberapa spot religi yang sangat bersejarah. Beberapa di antaranya:

  • Kapel ST. Thomas Jlegong yang dibangun pada tahun 1984.
  • Piazza Salib, merupakan salib dari Yesus yang dikelilingi 12 pilar.
  • Air Suci Sendang,
  • Kapel Rosario, biasa dipakai untuk kegiatan misa dapat pula dijadikan lokasi istirahat pengunjung sebelum melanjutkan perjalanan menuju Gua Maria Fatimah.

2. Tirto Wening Hyang Tri Niji Suci

Di sekitar Gua Maria Fatimah terdapat sumber mata air yang sempat mengering, kemudian warga sekitar berdo’a pada Tuhan hingga akhirnya pada bulan Agustus tahun 2011 muncullah mata air yang tidak pernah mengering hingga saat ini.

jalan yang harus dilalui
jalan yang harus dilalui. peta google. sumber: bernadus wiratmoyo

simak juga: waduk gajah mungkur

3. Jalur Trekking Menuju Gua Maria Fatimah

Deretan tangga yang terbuat dari paving block menyambut kedatangan kita, kamu harus menapaki jalur trekking tersebut sebelum akhirnya tiba di Gua Maria Fatimah.

Jalan yang cenderung menanjak harus dilalui, meski begitu pemandangan yang tersaji sangatlah sejuk selain itu perjalananmu juga akan diiringi kicauan burung.

4. Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu

Gua Maria Fatimah merupakan spot utama dari wisata religi yang satu ini, sebelum tiba di titik pusatnya kamu akan menemukan beberapa gua kecil tempat meletakkan lilin.

Di dalam gua terdapat sebuah patung dari Bunda Maria dengan ukuran yang cukup besar berwarna kuning keemasan, telah tersedia tikar untuk pengunjung yang hendak berdoa.

Di sekitar Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu sudah tersedia lampu penerangan, sehingga tetap nyaman meski datang di malam hari.

Kegiatan berdo’a kamu akan semakin khidmat mengingat lokasi dari Gua Maria Fatimah yang cukup jauh dari keramaian, ditambah dengan view serta suasana yang masih sangat alami.

suasana yang sejuk
suasana yang sejuk. peta google. sumber: sakit parah

5. Sejarah Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu

Sejarah dari Gua Maria Fatimah menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi mereka yang baru mengetahui keberadaan dari wisata religi di Wonogiri yang satu ini.

Lokasi Sendang Kelayu dimana Gua Maria awalnya berada merupakan tempat yang angker, banyak penduduk yang diganggu oleh makhluk tak kasat mata setelah menebang pohon yang ada di sekitar sendang.

Kemudian Romo Sutro Pranita S atau yang lebih dikenal dengan nama Sandal Jepit, berhasil mengusir makhluk astral tersebut dengan menggunakan air suci yang ada di sekitar Gua Maria. Kemudian air suci itu juga digunakan beliau untuk proses pembaptisan.

Singkat cerita kawasan Gua Maria Fatimah Sendang Kelayu kemudian akhirnya digunakan sebagai tempat berdoa yang dilengkapi Patung Bunda Maria Fatimah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *